Saturday, August 29, 2015

50 fakta yang tidak anda ketahui tentang Steve Jobs dan APPLE - Part 1


1.   Ketika ditanya kenapa ia memilih APPLE sebagai nama perusahaannya, ia berujar : “karena kata APPLE akan muncul duluan sebelum kata ATARI di daftar kontak telepon.” Jobs sempat bekerja untuk Atari sebelum mendirikan APPLE dan ia juga berkata ia menyukai apel dan mereka harus memilih sebuah nama untuk nama perusahaannya sebelum jam 5 pagi dihari itu.

2.  Mengapa ia dipecat dari APPLE? Kita semua tahu bahwa Steve jobs dikeluarkan dari APPLE tahun 1985. Bahkan kita mungkin juga tahu bahwa peristiwa itu terjadi karena perselisihan antara Jobs dan John Scully, CEO APPLE saat itu. Tapi sedikit yang mengetahui masalah apa tepatnya yang memicu perselisihan itu. Steve Jobs ingin menurunkan harga Macintosh yang performanya tidak sesuai harapan dan memindahkan dana pengiklanan yang besar dari APPLE 2 ke Mac, Sculley tidak menyetujuinya. Ia menganggap harga bukan merupakan masalah yang menyebabkan Macintosh kurang laku, melainkan karena perangkat lunak yang ditanam kurang baik. Sculley, yang sebelumnya adalah CEO Pepsi, membawa masalah ini kepada rapat pemegang saham yang kemudian mendukungnya dan menyebabkan Jobs dipecat.


3.   “Aku lebih baik menjual kotoran anjing daripada menjual PC.” Pada pertengahan 90an, setelah gagal menciptakan computer yang mumpuni dengan perusahaan NEXT, Steve Jobs berhadapan dengan kenyataan bahwa ia harus menjual perangkat lunak yang dikembangkannya. Seorang temannya mengatakan padanya, “mengapa kau tidak menjual PC saja?” Steve menjawab, “aku lebih baik menjual kotoran anjing daripada menjual PC.”

4.   Sebelum Mendirikan APPLE, Steve Jobs dan Steve Wozniak mengembangkan dan menjual Digital Blue Box, Sebuah perangkat seharga 100 dolar yang dapan meretas system telepon dan dapat menelepon ke nomer mana pun di seluruh dunia. Salah satu panggilan telepon yang mereka lakukan adalah ke Vatikan dan Wozniak mengaku sebagai Henry Kissinger, mereka meminta untuk berbicara dengan Paus. Produk ini gagal dipasaran.



5.   Atas sikap Steve Wozniak yang tidak pernah mau mengembangkan BASIC Floating Point untuk APPLE II, Jobs menyebutnya sebagai salah satu misteri dalam hidupnya, Meskipun Jobs sudah memohon padanya selama beberapa minggu. Karena sikap Wozniak ini, Jobs akhirnya datang ke Microsoft untuk memberi izin pada Bill Gates untuk mengembangkan BASIC.

6.   Pada awal 80an, Steve Jobs berkunjung ke Adobe Systems. Karena tertarik pada teknologi mereka, Jobs memberi penawaran pada salah satu pendiri Adobe, Charles Geschke, untuk membeli perusahaan tersebut dan menggabungkannya dengan APPLE. Geschke menolaknya. APPLE dan Adobe memiliki hubungan professional yang baik, hingga pada akhir dekade pertama abad ke 21, APPLE memutuskan untuk membersihkan perangkat mobile adobe’s flash yang sangat sukses di pasaran.

7.   Film “Anywhere but here” yang dibintangi Natalie Portman dan Susan Sarandon didedikasikan untuk Jobs dan dibuat berdasarkan buku yang ditulis oleh adik perempuannya, Mona Simpson. Kisahnya mengenai seorang ibu dan anak ls.perempuannya yang mencari kesuksesan di Beverly Hils. “Anywhere but here” didedikasikan untuk “saudaraku Steve.”


8.    Pada masa mudanya, Jobs pernah memakai narkoba jenis LSD dan mengatakan bahwa ia tidak menyesalinya. Dalam sebuah wawancara, ia menyebut pengalamannya memakai narkoba adalah “salahsatu dari dua atau tiga hal penting yang pernah aku lakukan dalam kehidupanku.” Seperti yang pernah dikatakan oleh Jobs, LSD bahkan mungkin ikut berkontribusi pada pendekatan “pemikiran beda” yang masih membuat desain produk-produk APPLE masih satu langkah didepan pesaingnya.

9.    Steve Jobs hanya menerima gaji satu dolar sejak tahun 1997, saat iya menjadi direktur utama. Mengenai gaji tersebut, tahun 2007 Jobs pernah bercanda sambil berkata:  “aku dibayar 50 sen pertahun untuk kehadiranku, dan 50 sen lagi karena kinerjaku.”

10.  Steve jobs drop out dari kampusnya. Setelah lulus dari from Homestead High School di Cupertino, California Ia melanjutkan ke Reed Collage. Ia hanya sempat kuliah satu semester sebelum drop out. Namun, selama 18 bulan berikutnya ia terus mengikuti kelas yang menarik baginya.

11.  Secara biologis, Steve Jobs memiliki garis keturunan  muslim Syria. Ia adalah anak adopsi dan ayah biologisnya bernama Abdulfattah Jandali. Ibu biologisnya adalah Joanne Carole Schieble, seorang warga amerika. Namun, ayahnya menolah untuk menikahi ibunya sehingga Jobs akhirnya diadopsikan.


12. Kedua orang tuanya adalah orang berpendidikan tinggi yang kemungkinan tidak siap untuk mempunyai anak dan akhirnya mengadopsikannya.  Salah satu syarat yang diminta oleh orang tuanya untuk mengadopsi anak mereka adalah Jobs harus diadopsi oleh pasangan orang tua yang juga berpendidikan tinggi.

13. Belakangan, orang tua biologis Jobs memiliki anak perempuan, Mona Simpson, yang kemudian berhubungan dengannya.



14.  Steve Jobs adalah seorang pescetarian, artinya ia makan ikan tapi tidak memakan jenis daging lainnya.

15. Jobs pernah membohongi Steve Wozniak. Ketika mereka membuat gebrakan di Atari, mereka berencana akan membagi upah yang mereka terima 50:50. Atari memberi upah  5.000 dolar pada Jobs untuk pekerjaan yang dilakukannya. Tapi, jobs mengatakan ia hanya mendapat 700 dolar dan Wozniak mengambil 350 dolar yang menjadi bagiannya.



16. Saat ia masih berumur 12 tahun, Job pernah bertemu William Hewlett, salah satu pendiri Hewlett-Packard, dan meminta sejumlah material untuk Proyek tugas sekolahnya. Hewlett menawarkannya untuk magang di perusahaannya.

17. Steve Jobs bertemu dengan Steve Wozniak saat SMA saat Ia berusia 13 tahun dan Wozniak berusia 18 tahun.

18. Jobs pernah memiliki hubungan khusus dengan Joan Boaz, seorang penyanyi folk, saat masih menjadi hippie. Sayangnya, wanita itu meninggalkannya untuk musisi favorit jobs, Bob Dylan.

19.  Nama lengkapnya adalah Steven Paul Jobs.

20. “Kita akan kehilangan uang kita, tapi setidaknya kita akan punya perusahaan.” Sangat mudah untuk berpikiran salah bahwa pada saat pendirian APPLE, yang sekarang merupakan satu dari dua perusahaan terbesar didunia, para pendiri merupakan para visioner yang yakin akan sukses dan memiliki kemampuan untuk mengubah dunia melalui produk-produk yang mereka kembangkan. Tapi, tidak begitu kenyataannya. Sebenarnya, Steve Jobs dan Steve Wozniak cukup yakin bahwa kesempatan mereka untuk sukses cukup mustahil. “Kita tidak akan melihat lagi uang yang telah kita investasikan itu,” kata Wozniak. Jobs menjawabnya, “ya, kita akan kehilangan uang kita, tapi setidaknya kita bisa mengatakan bahwa kita punya perusahaan.”

21. “Ayo kita sembunyikan Mobil Porsche kita.” Ketika seorang investor hendak datang mengunjungi NEXT pada awal 90an, Steve Jobs lari ke garasi untuk memindahkan Porschenya agar tidak terlihat dan menyuruh karyawannya untuk melakukan hal yang sama pada mobilnya. “Ia akan berpikir bahwa kita memiliki uang jika ia melihat mobil kita,” kata Jobs.

22. Ketika ia Kembali ke APPLE pada pertengahan 90an, Jobs mendonasikan computer pertama APPLE, mesin-mesin dan cetak biru ke Stanford University. Membersihkan yang lama untuk memberi ruang bagi yang baru. Begitulah cara dia melepaskan masa lalu dan menggapai masa depan dari perusahaan yang sedang bermasalah.

23. Setelah sukses dengan APPLE 2 dan IPO (penawaran umum saham), salah satu teknisi APPLE datang pada steve Jobs dan mengatakan bahwa ia akan memberikan sahamnya pada pegawai lain jika Jobs mau memberikan jumlah yang sama padanya. Jobs menjawab, “baik, akan aku beri yang sama, kau berikan nol, aku berikan nol.”

24. Agamanya adalah budha zen. Ia pergi ke india untuk bermeditasi dan mempelajari jalan hidup yang lebih mudah.

25. Jobs sangat tertutup soal perkawinannya. Istrinya adalah Laurene Powell Jobs dan mereka menikah di taman nasional Yosemite pada tanggal 18 maret 1991.







Sumber : http://www.boomsbeat.com/articles/13/20131231/50-facts-that-you-didnt-know-about-steve-jobs.htm

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...