Saturday, August 29, 2015

50 fakta yang tidak anda ketahui tentang Steve Jobs dan APPLE - Part 2

<< Part 1

26. Istrinya memiliki tilel MBA lulusan Stanford University dan ditunjuk oleh Obama untuk menjadi anggota White House Council for Community Solutions (Dewan pemerintah untuk Solusi Masyarakat) karena keterlibatan aktifnya  dalam komunitas nirlaba.




27. Selain kegiatan istrinya pada sektor nirlaba, Jobs tidak dikenal sebagai orang yang dermawan. Pada awal-awal berjalannya APPLE, Jobs menghentikan semua program amal dan berkata bahwa mereka akan “menunggu sampai (mereka) lebih kaya.” Mski mereka tidak pernah memulai kembali program amal tersebut, ada kemungkinan APPLE telah memberi donasi tanpa publikasi.


28.  Ia menolak mengakui anak pertamanya karena dia merasa bahwa dia mandul. Ibunya awalnya membesarkan anak tersebut hanya dengan uang jaminan sosial. Belakangan, anak tersebut memang adalah anak perempuannya dan diberi nama Lisa.

29.  Sebagai tanda kehormatan untuk anak perempuannya, ia memberi nama Lisa untuk computer “APPLE III” pada awal kehadirannya. Ibu anak tersebut bernama Chris-Ann Brennan.




30. Perasaan senang yang kita rasakan saat membuka kotak produk APPLE bukanlah sebuah kebetulan. Job sangat bersemangat soal pengemasan produk dan sekelompok orang di perusahaan melakukan tes buka kotak kemasan dalam usaha mendapat respon emosional yang pas.

31. APPLE tidak hanya memiliki dua pendiri, melainkan ada tiga pendiri perusahaan. Perusahaan ini didirikan tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

32. Logo APPLE yang pertama digambar oleh Ronald Wayne yang juga menulis perjanjian rekanan dan menulis petunjuk pengoperasian computer APPLE I. Sayangnya, Ia menjual 10% sahamnya setelah 2 minggu hanya seharga  800 dolar.




33. Awalnya Jobs tidak ingin menjual produk dengan warna putih. Namun, ia berhasil diyakinkan setelah desainer jonathan ive menunjukkan warna “abu-abu bulan” padanya.




34. Steve Wozniak berhenti bekerja penuh pada tahun 1987. Namun, ia masih tercatat sebagai karyawan resmi APPLE dan masih menerima gaji senilai $ 120,000 pertahun.

35.  Steve Jobs Membeli Pixar Animation Studios dari George Lucas pada tahun 1986.




36.  Jobs berkuliah di Reed College di Portland, Oregon tahun 1972.

37.  Selama bekerja di ATARI, Jobs ditempatkan pada jam kerja malam karena kurangnya perhatiannya pada kebersihan diri. Dikatakan bahwa ia tak pernah mandi dan sering berjalan disekitar kantor tanpa alas kaki.

38. Jobs tak pernah memakai Tanda Nomor polisi pada Mobil Mercedes SL55 AMG berwarna silver yang selalu dikendarainya.

39.  Ia selalu memarkirkan kendaraannya pada zona parkir orang cacat.

40.  IPK Jobs saat kuliah adalah 2.65 / 4 yang mana dianggap standar. Jobs  tak pernah menganggap dirinya sebagai mahasiswa yang baik dan bahkan ingin belajar dengan cara yang berbeda dan sangat tidak menikmati struktur pendidikan yang ada.

41. Tanda tangan Steve jobs ada didalam setiap Komputer Macintosh original. Jobs akan menulis tanda tangannya pada selembar kertas dan akan menjadi model untuk lempengan metal yang akan diletakkan didalam Komputer Macintosh.

42. Job sangat teliti, jarang sekali ada orang seteliti Jobs. Ia pernah menelepon teknisi google pada hari minggu dengan ketakutan hanya karena gradasi warna pada hurut “O” dalam logo mereka sedikit kurang.

43. Jobs menjadi mentor bagi pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, setelah melihat potensi perusahaan ini.




44. Jobs menempatkan Eric Schmidt, Orang yang akhirnya dipilih menjadi CEO perusahaan tersebut, sebagai salah satu anggota dewan komisariatnya di APPLE.

45. Jobs merasa dikhianati oleh mantan muridnya dari GOOGLE setelah perusahaan itu masuk kepasar smartphone dengan perangkat androidnya. Ia berkata “APPLE tidak memasuki bisnis mesin pencari, jadi kenapa GOOGLE memasuki pasar smartphone?”

46. Jobs merasa bahwa GOOGLE telah mencuri beberapa fitur dari iPhone dan memutuskan untuk merahasiakan pengembangan iPad dari Schmidt.




47. Laptop APPLE versi lama awalnya memiliki logo terbalik. Hal ini bukanlah kesalahan, tapi memang dibuat ramah pengguna.

48. APPLE I adalah produk komputer pertama perusahaan dan dijual dengan harga $ 666.66. Steve Wozniak memutuskan harga tersebut tanpa mengetahui konotasi buruk angka tersebut, bukannya menetapkan harga sepertiga diatas harga grosirnya yang seharga $ 500, ia memilih harga dengan angka berulang seperti itu hanya karena lebih mudah diketik.

49. Produk komputer APPLE, Macintosh, dinamai sesuai dengan nama salah satu jenis varietas buah apel,  McIntosh, karena apel jenis ini adalah jenis apel favorit Jef Raskin, Pegawai APPLE yang bekerja dalam proyek Macintosh.

50. Setelah lama berjuang melawan kangker pangkreas, kata-kata terakhir Steve Jobs sebelum kematiannya adalah “Oh wow. Oh wow. Oh wow" sambil melihat ke arah atas bahu anggota keluarganya. Mona Simpson mengungkapkan ini dalam tulisannya yang diterbitkan oleh New York Times.




Sumber : http://www.boomsbeat.com/articles/13/20131231/50-facts-that-you-didnt-know-about-steve-jobs.htm


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...