Tuesday, September 29, 2015

10 Agama Unik & Aneh di Dunia

agama aneh unik

Agama memiliki sejarah panjang. Bahkan, kita memiliki banyak bukti sejak zaman prasejarah tentang beragam agama yang pernah dianut manusia. Agama pada dasarnya merupakan seperangkat keyakinan yang memberi pengaruh mendasar pada kehidupan seseorang. Bagi penganutnya, agama menjadi kekuatan tunggal yang membentuk kehidupan mereka sekaligus mengubah seluruh perjalanan hidup mereka.
Terdapat ribuan agama yang dipraktikkan di seluruh dunia, dengan sebagian besar mendasarkan keyakinan pada campur tangan ilahi dalam penciptaan, jalannya kehidupan, dan kehancuran alam semesta. Banyak agama timbul dan hilang silih berganti sejak masa kuno, dengan beberapa diantaranya berhasil bertahan melintasi jaman dan berkembang pesat.
Selain dari agama besar yang kita ketahui, terdapat sejumlah agama dan keyakinan yang mungkin terdengar aneh di telinga penganut agama besar. Berikut beberapa diantaranya:

1. Raelianisme

❉ Didirikan oleh seorang Prancis bernama Claude Vorilhon pada tahun 1974. Raelianisme merupakan agama UFO terbesar kedua di dunia, setelah Scientology.
❉ Agama UFO pada dasarnya adalah agama dengan kepercayaan utamanya berlandas pada keberadaan kehidupan di luar bumi dan interaksi mereka dengan manusia.
❉ Claude Vorilhon mengaku telah dihubungi oleh alien, yang membawanya ke planet yang disebut Elohim, di mana dia tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang hubungan manusia-alien, tapi juga bertemu Yesus dan Buddha, bersama dengan beberapa nabi dan rasul agama lain.
❉ Alien menamai Claude Vorilhon dengan ‘Rael’, yang menjadi nama agama yang dibawanya (Raelianisme).
❉ Terdapat dua keyakinan utama dalam Raelianisme yaitu bahwa sekitar 25.000 tahun yang lalu, alien menciptakan manusia dari DNA mereka di salah satu laboratorium mereka, dan bahwa di tahun 2025, alien akan mengunjungi kota Yerusalem.
❉ Saat ini, Raelianisme mengklaim memiliki sekitar 30.000 pengikut.

2. Gerakan Pangeran Philip (Prince Philip Movement)


❉ Republik Vanuatu merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. Tanna, salah satu pulau di kepulauan ini, memiliki sebuah desa kecil bernama Yaohnanen, dengan penduduknya yang percaya bahwa Duke of Edinburgh, atau Pangeran Philip, adalah makhluk ilahiah.
❉ Salah satu cerita kuno mereka mengatakan bahwa anak berkulit pucat dari roh gunung akan menyeberangi lautan dan dan melakukan perjalanan ke negeri yang jauh, di mana dia akan menikahi seorang wanita yang sangat kaya dan berkuasa.
❉ Penduduk desa Yaohnanen percaya bahwa yang disebut anak berkulit pucat dari roh gunung tidak lain adalah Pangeran Philip, yang akan segera membawa kesejahteraan bagi bangsa mereka.
❉ Saat ini, Gerakan Pangeran Philip memiliki sekitar 5.000 pengikut di Republik Vanuatu.

3. Jediisme


❉ Gerakan keagamaan ini sebagian besar terinspirasi oleh tokoh Star Wars, Jedi, yang dengan bantuan kekuatan mistiknya yang disebut Force, dan senjata pedang cahaya, berusaha melindungi alam semesta dari perang dan konflik.
❉ Pengikut Jedi menyebut diri mereka biarawan atau ksatria, yang bisa mengendalikan dan menggunakan kekuatan untuk kesejahteraan umat manusia.
❉ Jediisme menggabungkan keyakinan Buddha dan Tao, bersama dengan beberapa praktek religius abad pertengahan.
❉ Prinsip ajaran Jedi menyatakan:
‘There is no emotion, there is peace.
There is no ignorance, there is knowledge.
There is no passion, there is serenity.
There is no chaos, there is harmony.
There is no death, there is the Force’
❉ Pada 2012, Jediisme adalah agama alternatif yang paling dipilih di Inggris dan Wales dengan sebanyak 176.632 pengikut.

4. Masyarakat Aetherius (Aetherius Society)


❉ Ini adalah agama UFO lain yang didirikan pada tahun 1954, oleh George King, bertujuan menggabungkan kebijaksanaan alien dengan yoga, dan menghasilkan energi yang kuat untuk membantu umat manusia.
❉ Motif utama agama ini adalah mencegah kehancuran bumi dengan menjalin hubungan baik dengan alien.
❉ Masyarakat Aetherius mengambil beberapa prinsip dari agama Kristen, Budha, dan Hindu, serta percaya bahwa Yesus, Buddha, dan Krishna, pada kenyataannya adalah alien yang diutus membawa kemajuan bagi umat manusia.
❉ Salah satu klaim paling terkenal yang pernah dibuat oleh Masyarakat Aetherius adalah bahwa mereka diberitahu oleh alien tentang bencana Chernobyl empat jam sebelumnya.
❉ Agama ini mengklaim memiliki sekitar 650 pengikut.

5. Gerakan Kreativitas (Creativity Movement)


❉ Didirikan sebagai Gereja Sang Pencipta (Church of the Creator) oleh pemimpin religius Amerika, Ben Klassen, di Florida pada tahun 1973, Gerakan Kreativitas merupakan gerakan keagamaan non-teistik dan etnosentris.
❉ Keyakinan dan ajaran agama ini disebut sebagai rasis, anti-Semit, dan anti-Kristen.
❉ Mereka percaya ras kulit putih mewakili semua kebaikan di dunia, dan bahwa orang-orang kulit putih hanya harus bekerja untuk kemajuan ras kulit putih. Dengan kata lain, mereka percaya secara total akan supremasi kulit putih.
❉ Selain itu, mereka juga menyatakan tidak perlu orang kulit putih hidup berdampingan dengan kulit hitam, karena orang kulit hitam merupakan noda pada ras kulit putih.
❉ Gerakan ini juga menyangkal adanya Yesus, dan dengan demikian tidak percaya pada kisah dalam Alkitab.
❉ Saat ini, Gerakan Kreativitas diklasifikasikan sebagai kelompok kebencian, bukan sebagai gerakan keagamaan.

6. Gelombang Pana (Pana Wave)


❉ Pana Wave adalah agama Jepang, yang didirikan oleh seorang wanita bernama Yuko Chino, pada tahun 1977, di Tokyo.
❉ Agama ini mendasarkan keyakinannya pada ajaran Kristen, Budha, dan beberapa doktrin New Age.
❉ Tujuan utama agama ini adalah untuk menyebarkan kesadaran atas bahaya yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik yang menurut pendiri mereka, bertanggung jawab mengubah kondisi iklim dan kerusakan lingkungan.
❉ Mereka juga percaya banyaknya keberadaan perangkat yang memancarkan gelombang elektromagnetik merupakan sebuah konspirasi jahat komunis untuk membunuh pemimpin mereka.
❉ Para penganut agama ini sering berpakaian putih, menutup mulut dan hidung mereka dengan masker putih dan mengemudi kendaraan berwarna putih, untuk melindungi diri dari gelombang elektromagnetik.
❉ Agama Pana Wave diyakini memiliki sekitar 1.200 pengikut di Jepang.

7. Nation of Yahweh


❉ Gerakan keagamaan ini terutama berakar dari lingkungan Afrika-Amerika dan didirikan pada tahun 1979, di Miami, oleh seorang pria bernama Hulon Mitchell Jr, yang menjadi populer dengan nama Yahweh ben Yahweh.
❉ Para pengikut agama ini percaya orang Israel sebenarnya bukanlah orang-orang yang tinggal di sana saat ini, tapi adalah orang kulit hitam. Itu sebab, orang kulit hitam harus kembali ke tanah air mereka yang sesungguhnya.
❉ Para pengikut agama ini percaya bahwa Yahweh ben Yahweh adalah Anak Tuhan
.
❉ Seperti Gerakan Kreativitas, Nation of Yahweh juga merupakan agama rasis yang percaya bahwa orang kulit hitam adalah orang-orang pilihan Tuhan, sedangkan orang kulit putih adalah setan yang nyata.
❉ Setelah kematian pendiri mereka, jumlah penganut dikabarkan menurun drastis, meskipun masih dilaporkan adanya sejumlah pengikut kepercayaan ini.

8. Church of All Worlds


❉ Church of All Worlds (CAW) didirikan oleh Oberon Zell-Ravenheart dan istrinya, Morning Glory Zell-Ravenheart, pada tahun 1962.
❉ Markas CAW saat ini berada di Cotati, California.
❉ Sebagian besar ajaran agama ini terinspirasi oleh novel fiksi ilmiah Robert A. Heinlein berjudul Stranger in a Strange Land.
❉ Agama neopagan ini bertujuan membangkitkan kekuatan Gaia, Ibu Bumi, dan menyatukan dirinya dengan semua anak-anaknya, melalui media komunitas suku kecil, yang mendedikasikan diri pada kepercayaan ini.
❉ Mitologi mereka didasarkan terutama pada mitos Yunani kuno, tetapi juga mencakup ranah peri, malaikat, dan makhluk gaib lainnya.
❉ Salah satu perkembangan terbaru pada agama ini adalah berdirinya The Grey School of Wizardry, yang terinspirasi oleh Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry yang muncul dalam seri Harry Potter.

9. Happy Science


❉ Pada 6 Oktober 1986, gerakan spiritual ini didirikan di Jepang, oleh seorang pria bernama Ryuho Okawa.
❉ Tujuan utama agama baru ini adalah untuk menyebarkan kebahagiaan di antara semua manusia.
❉ Okawa percaya bahwa dia merupakan reinkarnasi dari Lord El Cantare, Tuhan tertinggi dan penyelamat, yang menjalankan otoritas tertinggi dan total kontrol atas dunia.
❉ Happy Science percaya bahwa malaikat Jibril akan mengunjungi Bangkok dalam 50 tahun ke depan.
❉ Mereka juga percaya alien akan mendarat di bumi sekitar 300 hingga 400 tahun ke depan.
❉ Saat ini, Okawa memiliki partai politik sendiri di Jepang, yang mengklaim bahwa Korea Utara ingin menyerang dan mengontrol Jepang.

10. The Church of Euthanasia (Gereja Eutanasia)


❉ Gereja Eutanasia adalah gerakan politik-agama yang didirikan di Boston, Massachusetts, oleh pengembang software bernama Chris Korda.
❉ Website agama ini mengklaim bahwa mereka adalah “sebuah yayasan pendidikan nirlaba yang ditujukan untuk memulihkan keseimbangan antara manusia dan spesies lain di bumi.”
❉ Empat pilar utama ajaran ini adalah bunuh diri, aborsi, kanibalisme dari yang sudah mati, dan sodomi.
❉ Church of Euthanasia menekankan pada menyelamatkan bumi dengan membunuh diri sendiri.
❉ Pada tahun 2003, menyusul bunuh diri seorang wanita 52 tahun setelah membaca petunjuk tentang “bagaimana cara bunuh diri” pada website mereka, menyebabkan organisasi ini menghadapi tindakan hukum.

Sumber : amazine.co

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...