Monday, September 28, 2015

4 Trik Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

(hijapedia.com)
Tak adil rasanya jika memberi tips dan trik keuangan hanya buat mereka yang sudah bekerja, sudah nikah, atau sudah memiliki anak-anak di rumah.
Nah, ada kalanya kita juga mesti berbagi sama buat mereka yang masih belajar.
Walau mendapatkan suntikan dana dari orangtua atau wali, mahasiswa tetap harus mengatur pengeluaran sedemikian apik. Tapi akan lebih baik lagi kalau Anda juga bisa mendapat tambahan pemasukan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengelola keuangan yang Anda punya saat di kampus:
1. Jalan kaki ke kampus
(hipwee.com)
Saat menuju kampus, ada baiknya Anda berjalan kaki. Selain menuju kampus, berjalan lebih dari 10.000 langkah dalam sehari membuat kita menjadi sehat karena olahraga dan pastinya akan membuat kita hemat secara transportasi.
2. Bersepeda ke kampus
(ugm.ac.id)
Tidak hanya berjalan kaki, bersepeda ke kampus bisa Anda lakukan, tapi pastinya Anda harus berinvestasi dengan membeli sepeda. Tak hanya itu, dengan bersepeda Anda bisa bergabung dengan dengan komunitas sepeda yang ada di kota tempat Anda kuliah sehingga bisa punya teman-teman baru di luar lingkungan kampus.
3. Melakukan pekerjaan sampingan
(blog.lokerpedia.com)
Walau kita berkuliah jangan ragu untuk untuk menghasilkan uang tambahan yang pastinya tidak mengganggu tugas belajar.
Mulai dari mengajar privat, bantu teman jualan online, jualan kaos atau jaket dengan konsep/tema tertentu ke mahasiswa-mahasiswa di kampus, mengurus kebutuhan publikasi acara-acara himpunan dan bekerja part time di kafe juga bisa mendatangkan uang tambahan.
4. Mengejar beasiswa
Kalau mau lincah lagi, Anda bisa mengejar beasiswa. Tapi Anda tau bersama bahwa jumlah beasiswa yang beredar tidak sebanyak jumlah mahasiswa yang ada. Nah, agar Anda bisa mendapatkan beasiswa yang tersedia, ada baiknya menentukan beasiswa apa yang dibutuhkan.
Biasanya beasiswa sendiri ada beberapa tujuan antara lain beasiswa pendidikan, beasiswa tempat tinggal, beasiswa penelitian, dan lain sebagainya. Silakan apply jenis beasiswa sesuai yang kebutuhan Anda.

Sumber : tribunnews.com


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...