Wednesday, September 23, 2015

Film-Film Ini Diadaptasi dari Kasus Nyata yang Aneh




Film adaptasi banyak diproduksi dengan sumber dari berbagai material. Para filmmaker berlomba-lomba menggambarkan ulang sebuah cerita, baik fiksi maupun non fiksi, ke dalam sinema. Tak pelak, film-film adaptasi ini kerap bisa memberikan alternatif baru dari segi penceritaan.

Selain itu, dengan mengadaptasi material yang sudah populer, film bisa mengambil keuntungan darinya. Muvilaz pasti tak jarang membaca sebuah poster film yang memuat pernyataan bahwa film tersebut adaptasi dari novel laris kisah nyata. Nah, berbicara tentang film yang bersumber dari kisah nyata, berikut 5 film yang ternyata diadaptasi dari peristiwa nyata. Namun, kisah nyata dalam film-film ini tergolong unik dan aneh. 

Arsenic and Old Lace (1944)
 
Arsenic and Old Lace adalah film klasik. Dirilis tahun 1944, film drama kejahatan ini menceritakan pernikahan seorang kritikus drama yang gagal. Sebab, dalam prosesnya diketahui bahwa bibi dari sang kritikus tersebut adalah pembunuh maniak yang membunuh korban-korbannya menggunakan racun. Bahkan, keluarganya sendiri pun dibunuh dengan cairan racun ramuannya.
Film tersebut diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang dilakukan Amy Archer-Gilligan pada tahun 1910 hingga 1917 di daerah Windsor, Connecticut, Amerika Serikat. Amy bekerja sebagai perawat pribadi. Dia membunuh siapa saja keluarga yang dirawatnya, termasuk suaminya sendiri juga meninggal di tangannya. Dalam versi filmArsenic and Old Lace, ceritanya sedikit dimodifikasi karena sang bibi belum menikah dan membunuh lelaki-lelaki tua yang kesepian.

Psycho (1960 & 1998)
 
Psycho versi orisinal yang dirilis tahun 1960 ini adalah arahan sutradara kondang Alfred Hitchcock. Pada tahun 1998, sutradara Gus Van Sant membuat ulang film ini. Psychomerupakan film adaptasi novel berjudul sama karya Robert Bloch. Dua film ini sama-sama mengangkat kisah psikopat bernama Norman Bates. Karakter Norman Bates lalu menjadi salah satu karakter psikopat legendaris.
Karakter Norman Bates ini merupakan gambaran dari karakter psikopat yang nyata bernama Ed Gein. Grein merupakan tersangka pembunuhan dan perampokan kuburan yang terjadi pada tahun 1950-an. Ia dilaporkan tega membunuh dan memutilasi korbannya, selain itu Grein juga memutilasi mayat-mayat yang dia ambil dari pemakaman.
Karakter Ed Grein bukan hanya diadaptasi oleh novel dan film Psycho saja. Beberapa judul film juga dilaporkan mengadaptasi secara umum karakter Ed Grein. Film-film tersebut adalah Deranged (1974), In The Light of The Moon (2000), Ed Grein: The Buthcer of Plainfield (2007), House of 1000 Corpses (2003), dan serial American Horror Story.

The Bling Ring (2013)
 
The Bling Ring merupakan film drama kejahatan dengan cerita unik. Film yang disutradarai oleh Sofia Coppola ini menceritakan sekelompok anak muda yang didakwa karena merampok isi rumah artis-artis Hollywood. Mereka menggunakan kecanggihan teknologi untuk melacak keberadaan sang artis, kemudian mencari letak rumah mereka, dan jadilah rumah tersebut target perampokan.
Bling Ring adalah nama geng anak-anak muda tersebut, dan mereka benar-benar ada. Bling Ring beroperasi mulai Oktober 2008 hingga Agustus 2009, dan selama itu tindak kejahatan mereka menghasilkan barang curian senilai 3 juta dolar AS. Sebagian besar curian itu milik Paris Hilton yang menjadi korban perampokan beberapa kali. Selain Paris Hilton, nama-nama seperti Audrina Patridge, Rachel Bilson, Orlando Bloom, dan Lindsay Lohan juga merupakan korban-korban Bling Ring.

Bully (2001)
Dari judulnya bisa ditebak bahwa film Bully akan menceritakan tentang pelecehan dan penganiayaan antar teman. Dalam film arahan Larry Clark ini ada dua sahabat yang sudah sejak kecil bersahabat, yakni Marty Puccio dan Bobby Kent. Menginjak remaja, Bobby berubah menjadi seorang yang kasar. Marty dipukulinya tanpa sebab. Hingga suatu saat, Marty merasa sikap Bobby sudah keterlaluan, sehingga ia mengajak beberapa temannya untuk membunuh Bobby.
Film ini berdasarkan kisah pembunuhan yang nyata yang terjadi pada tahun 1993. Seorang anak bernama Bobby Kent dinyatakan tewas karena dibunuh oleh tujuh orang remaja lain yang merupakan temannya. Kasus ini membuat Marty divonis hukuman mati pada tahun 1995, tetapi dua tahun setelahnya hukuman mati tersebut diganti dengan penjara seumur hidup.

Sumber : muvila.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...